Tips Aman Booking Hotel Secara Online

SHARE THIS

Share to:

Facebook Twitter


Tips Aman Booking Hotel Secara Online - Bagi kamu yang sering berpergian atau traveling dalam kurun beberapa hari dan sering menginap di hotel, mungkin tidak asing dengan yang namanya booking-membooking alias memesan kamar hotel.

Umumnya ada cara yang dilakukan untuk memesan kamar hotel; reservasi langsung ke hotel baik lewat website hotel yang bersangkutan atau via telepon, membeli voucher hotel dari travel agent, atau memesan kamar hotel secara online melalui situs booking hotel yang saat ini menjadi pilihan utama ketimbang dua cara lainnya dengan syarat kamu mesti punya kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Ada banyak sekali situs booking, dan tidak perlu saya sebutkan secara detil apa saja situsnya. Tidak masalah situs apa yang kamu pilih untuk reservasi atau booking kamar hotel, yang terpenting kamu harus memperhatikan beberapa tips aman yang sering terlupakan. Artikel ini dibuat bukan untuk menggurui, hanya untuk mengingatkan saja agar tidak menemui beberapa masalah yang mungkin saja bisa terjadi.

Berikut tips aman booking hotel secara online;

1. Bandingkan tarif kamar hotel 
Sebelum booking kamar hotel, ada baiknya kamu membanding tarif kamar hotel yang sama di beberapa situs booking. Setidaknya kamu membanding di tiga situs booking yang berbeda.
2. Perhatikan kondisi dan ketentuan reservasi
Hal ini perlu dilakukan agar kamu mendapatkan kondisi kamar yang sesuai keinginan dan perhatikan ketentuan reservasi apakah harus dibayar di muka atau saat check in dan perhatikan juga ketentuan pembatalan

Jika sudah memastikan  pemilihan hotel, tanggal check in serta tanggal check out, kamu bisa memilih opsi pay now yang artinya harus dibayar saat reservasi dan seandainya terjadi pembatalan, uang kamu tidak akan dikembalikan. Untuk itu, kamu harus mempertimbangkan dan memikirkan secara matang sebelum memilih opsi pay now.

Opsi pay now biasanya akan lebih murah, namun jika masih ragu menjatuhkan pilihan dapat memilih opsi free cancellation dengan begitu kartu kredit kamu tidak akan dikenai biaya saat reservasi dan kamu dapat bebas membatalkan dan mengganti hotel dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: 101 Travel Tips

3. Kirim e-mail ke hotel yang bersangkutan
Setelah mendapatkan konfirmasi dari situs booking hotel yang digunakan, ada baiknya kamu mengirim e-mail ke hotel yang kamu pilih untuk kembali memastikan ada atau tidaknya booking yang telah kamu lakukan. Kamu cukup kirim e-mail singkat, berikut isi e-mail singkat yang bisa dijadikan contoh;

Dear Hotel A,
I would like to confirm my reservation as below:
(Tuliskan nama, tanggal check in/out, tipe kamar dan special request jika ada)
Please find attached the voucher hotel from (sebutkan nama situs booking yang digunakan)
Thank you and looking forward to receive your confirmation.
Regards,
(Nama kamu)

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah booking hotel secara online tidak selalu lebih murah dibanding memesan langsung ke hotel yang bersangkutan atau travel agent terutama untuk penginapan di Indonesia.
Ada baiknya setelah memutuskan akan menginap di sebuah hotel, cek rate hotel tersebut di google atau tanya ke travel agent agar kamu mendapatkan harga yang sesuai dan terbaik.

Terima kasih telah berjelajah ke www.sebutsajatius.com, semoga artikel singkat ini bermanfaat. Jangan lupa meninggalkan jejak dengan berkomentar dan memberikan kritik serta saran pada kolom komentar yang tersedia.

Baca Juga: Jalan-Jalan ke Pelalawan

Hi... I'm Martius, You can find more about me. Thanks for coming to my blog and hope you enjoy it.

3 komentar:

  1. Sekarang pesen kamar hotel udah gampang aja yah. Tinggal cari di smartphone

    BalasHapus
  2. The fortunate thing about booking occasions on line is that it is to a great degree snappy and advantageous. You can take a gander at a wide range of sorts of occasion in the meantime and all the more significantly book the one that you like when you see it. Villa Sanyanga in Phuket

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus