Cara Mudah Membuat Breadcrumb Pada Blog

SHARE THIS

Share to:

Facebook Twitter


Cara Mudah Membuat Breadcrumb Pada Blog - Halo sobat blogger... pada perjumpaan kita kali ini saya akan membagi sedikit pengalaman buat sobat yaitu cara mudah membuat blog menjadi semakin SEO Friendly. Kini saatnya mengedepankan blog dengan tujuan agar semakin SEO. Salah satu caranya adalah menambahkan fitur navigasi yang cara memasangnya akan saya jelaskan nanti dan yang pasti fitur navigasi ini akan kita letakkan tepat di atas judul postingan atau judul artikel. Ini dia penampakan fitur navigasi tersebut! 


Fitur navigasi ini para master web menyebutnya sebagai breadcrumb. Breadcrumb sendiri kurang lebihnya diartikan sebagai suatu navigasi yang berisikan kategori atau label dari postingan dan bisanya selalu diawali dengan tombol yang tertuju Home atau halaman utama blog.
Cara membuat breadcrumb sangatlah mudah, karena hanya memodifikasi template kita saja. Banyak para ahli SEO percaya bahwa breadcrumbr adalah salah satu trik SEO yang cukup ampuh karena trik breadcrumb bisa membantu googleboot untuk lebih mudah mengenali struktur dari blog milik kita.
Sampai sekarang pun tehnik bradcrumb ini masih sangat populer dan hampir semua blog atau website memakai trik breadcrumb ini. Untuk template dari penyedia-penyedia gratisan biasanya belum dilengkapi breadcrumb sehingga anda perlu memasangnya sendiri. Baiklah langsung saja saya akan memberikan langkah-langkah petunjuk memasang breadchumb.
1. Login ke Dasbor Blogger

2. Pilih blog yang ingin diedit

3. Pilih Template pada menu vertikal bagian kiri. Agar aman jika terjadi kesalahan ada baiknya untuk memback up tampilan blog dengan cara Unduh Template Lengkap

4. Cari kode ]]></b:skin (gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencarian)

5. Jika sudah menemukan kode tadi, letakkan kode di bawah ini di atas ]]></b:skin
.breadcrumbs {padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:90%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #eee;}


6. Setelah selesai cari kode <b:includable id='main' var='top'>

7. Ganti kode di atas dengan kode di bawah ini:

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span></b:loop>&#187; <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable><b:includable id='main' var='top'><b:include data='posts' name='breadcrumb'/>

8. Simpan template yang telah diedit

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Judul Postingan Blog Menjadi Rata Tengah

Nah itu dia cara mudah menambahkan fitur navigasi breadcrumb. jika ada komentar, kritik dan saran serta koreksi bisa dengan meninggalkan jejak di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa di postingan terbaru berikutnya pada blog ini.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Sitemap Pada Blog

Hi... I'm Martius, You can find more about me. Thanks for coming to my blog and hope you enjoy it.

11 komentar: