9 Tips dan Trik Asik Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus atau Les

SHARE THIS

Share to:

Facebook Twitter


9 Tips dan Trik Asik Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus atau Les - Apa? belajar Bahasa Inggris tanpa kursus atau les? Emang bisa? Bisa banget!. Bagi kamu yang ingin jago ngomong English alias berbahasa Inggris, kali ini saya akan bagikan beberapa tips dan trik asik belajar Bahasa Inggris tanpa perlu mengikuti kursus atau les. Keuntungan belajar tanpa mengikuti kursus atau les diantaranya kamu dapat belajar dengan waktu yang fleksibel sesuai mood kamu yang labil serta hemat biaya tentunya. 

Lantas bagaimana tips dan trik asik nan hemat budget buat kamu dan saya tentunya yang juga masih dalam tahap belajar? Berikut 9 tips dan trik agar kemampuan berbahasa Inggris kamu dan saya meroket drastis:
1. Setting smartphone kamu ke mode Bahasa Inggris
Pindah bahasa bukan pindah negara
Dikarenakan hampir setiap dari kamu telah memiliki smartphone, ini merupakan cara awal bagi kamu untuk mulai belajar dan membiasakan kamu dengan Bahasa Inggris. Hal ini dirasa efektif apalagi bagi kamu yang memiliki durasi menggenggam smartphone lebih panjang dibanding durasi menggenggam tangan pacar.

2. Download aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris
Tuh ada banyak
Unduh atau download aplikasi yang dikhususkan untuk belajar berbahasa Inggris. Beberapa aplikasi smartphone yang dapat membantu kamu diantaranya; PvP, Busuu, English Conversation dan MyWordBook.

3. Beralih dari kamus buku ke kamus elektronik
Lebih praktis
Kamu ngga perlu lagi menggunakan kamus buku yang tebal dan berat karena akan sangat menguras energi kamu. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan Google Translate untuk dapat mempermudah memahami kosakata baru. Atau kamu juga bisa mendownload kamus yang bisa untuk smartphone kamu seperti Kamusku dan Kamus Offline yang kelebihannya kamu dapat mendengarkan penuturan kata secara benar dan langsung.

4. Perbanyak nonton film berbahasa Inggris
Sekalian uji nyali
Nah tips atau trik pada poin keempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka nonton film-film luar dan usahakan film yang kamu tonton berbahasa Inggris, bukan berbahasa Arab, Spanyol, Mandarin apalagi berbahasa Korea. Simak baik-baik pemeran film menuturkan kalimat dan perhatikan subtitle dengan baik pula agar kamu mengerti arti dari kalimat yang diucapkan.

5. Belajar dari Youtube
Bisa ditonton berulang-ulang
Salah satu yang jarang terpikirkan oleh orang kebanyakan yaitu belajar Bahasa Inggris melalui Youtube. Di Youtube banyak sekali video tutor maupun conversation yang  dapat memudahkan kamu untuk belajar. Kamu dapat mendownload atau memanfaatkan fitur Tonton Nanti pada Youtube agar kamu dapat menonton berulang-ulang tanpa takut kehabisan kuota dan sebisa manfaatkan wifi gratisan.

6. Cari partner berbahasa Inggris
9 Tips dan Trik Asik Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus atau Les
Jangan cuma cari gebetan
Cara ini dapat memudahkan kamu karena pada dasarnya agar kamu lancar berbahasa Inggris adalah dengan cara sering mempraktekannya. Semakin sering dipraktekan kamu akan semakin bisa dan terbiasa. Jika kamu chatting di medsos usahakan juga menggunakan Inggris agar juga dapat mengasah kemampuan menulis Bahasa Inggris kamu (writing).

7. Follow dan kepoin akun-akun medsos berbahasa Inggris
Follow akun yang berkualitas
Daripada kamu terus-terusan kepoin akun medsos teman, gebetan atau mantan, ada baiknya kamu juga mengikuti dan kepoin akun-akun medsos berbahasa Inggris namun tetap berkualitas. Cara ini membuat kamu terus belajar Bahasa Inggris tanpa disadari.

8. Pelajari bahasa slang atau bahasa gaul dari Bahasa Inggris
9 Tips dan Trik Asik Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus atau Les
Udah gawl belom?
Ngga cuma Bahasa Indonesia saja yang punya bahasa gaulnya, bahasa atau istilah gaul yang ringan dan biasa diucapkan sehari-hari juga terdapat di Bahasa Inggris, salah satu contoh; what's up atau what's going on untuk menggantikan how are you? Serta masih banyak istilah informal lainnya dalam Bahasa Inggris.

9. Jangan merasa malu dan takut salah
9 Tips dan Trik Asik Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus atau Les
Dedek malu bang
Salah satu kendala dari dalam diri kita yaitu masih besarnya rasa malu dan takut salah dalam belajar. Buang rasa tersebut seperti halnya kamu membuang rasa terhadap mantan kamu jauh-jauh, kesalahan dalam belajar justru harus terjadi diperlukan agar kamu dapat mengoreksi dan mengukur kemampuan. Semakin sering salah maka semakin besar pula peluang kamu untuk belajar dengan benar.

Nah itu tadi 9 tips dan trik asik dari saya untuk belajar Bahasa Inggris tanpa kursus atau les. Jika dari kamu juga memiliki tips dan trik lain di luar yang saya tuliskan ini, silahkeun coret-coret pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Terima kasih telah berjelajah ke www.sebutsajatius.com, sampai jumpa pada artikel berikutnya. Joss!

Hi... I'm Martius, You can find more about me. Thanks for coming to my blog and hope you enjoy it.

5 komentar: