ROG Phone 3 - Smartphone Gaming Yang Bikin Kesel

SHARE THIS

Share to:

Facebook Twitter

Pic: Elvina Yanti
Halo gaes bukan Dapit di sini, dan ini adalah ROG Phone 3 yang belum pernah saya sentuh apalagi saya miliki utuh.

Ditengah banyaknya hape berlabel gaming, dan juga banyak hape yang enggak memposisikan diri sebagai hape gaming tapi tetap bisa kenceng banget pas dipakai buat gaming, ternyata peminat ROG Phone masih tetep banyak.

Prediksi awal saya, nama ROG Phone sih tadinya bakalan sedikit tenggelam tersaingilah karena saingannya sekarang juga udah banyak dan ROG Phone juga bakal dianggap hape yang biasa dan sama aja dengan hape lainnya. 

Mentoknya palingan cuma jadi hape yang menang di gembar-gembor branding doang sebagai hape khusus gaming, enggak ada sesuatu yang hebat yang bakal jadi nilai lebih dari ini hape.

Dan ternyata sepertinya prediksi saya salah, baru-baru ini namanya kembali mencuri perhatian dengan diluncurkan ROG Phone 3 sebagai suksesor ROG Phone seri sebelumnya yaitu ROG Phone 2.

Nama ROG Phone masih tetap eksis di dunia gaming. Mau enggak mau ROG Phone seri terbaru ini wajib dibikin jadi beda dari yang lain.

Jadi, kualitas dan kelebihan apa yang akan diberi ROG Phone 3 ini biar jadi yang terbaik dari saingannya yang juga berlabel hape gaming? 

Prosesor adalah koentjie, bagian pertama yang wajib ditingkatin tentu performanya, Hape ini berlabel GAMING yang performanya tentu jadi prioritas nomer 1.

ASUS enggak tanggung-tanggung soal Chipset yang dipake di ROG Phone seri terbarunya ini.


Tetap Andalkan Chipset Dari Qualcomm Snapdragon

Snapdragon 865+ 5G Mobile Platform disematkan di ROG Phone 3 yang menjadikan hape pertama yang dipasarkan di Indonesia dengan prosesor ini. Itu artinya jelas ROG Phone 3 jadi hape yang paling kenceng saat ini.

Pic: Qualcomm.com / ROG Phone 3 Jadi Yang Pertama Dengan Snapdragon 865+5G di Indonesia

Qualcomm sendiri mengklaim Snapdragon 865+ 5G ini lebih kenceng 10% dari Snapdragon 865 yang biasa.

Pic: Qualcomm.com / Snapdragon 865+5G lebih Kenceng dan Lebih Irit Baterai

Tuntutan pengguna biasanya juga selalu cari hape yang terkenceng, enggak pengen pas ngegame malah ngelag dan merusak pengalaman pas main.

Snapdragon 865 biasa aja sudah bisa dibilang kenceng banget apalagi Snapdragon 865+ 5G, dan memang hape yang jadi suksesor seri terdahulu sejatinya harus lebih kenceng.

Snapdragon 865+5G masuk ke dalam salah satu chipset Snapdragon Elite Gaming, artinya Snapdragon 865+5G itu merupakan chipset dengan kelas khusus.

Yap bener, kelas khusus yang isinya merupakan chipset yang punya fitur pendukung  yang bikin pengalaman gaming jadi lebih cakep dan mantep.

Fitur Snapdragon Elite Gaming diklaim bisa menghasilkan kecepatan dan efisiensi luar biasa, ditambah dengan grafis dan audio yang bikin takjub.

Berasa superior bangetlah ROG Phone 3 kalo diajak main, dengan performanya optimal bisa menghasilkan kecepatan maksimal tanpa lag tapi juga masih tetap memperhatikan efisiensi.

Pic: Qualcomm.com / Snapdragon Elite Gaming Yang Punya Kecepatan dan Efisiensi Luar Biasa

Klik tulisan ini kalo kamu ingin tahu spesifikasi dan fitur lebih lengkap dari Snapdragon 865+5G.

Pengoptimalan terbaru secara real-time dengan driver GPU yang dapat diperbarui, menghadirkan kinerja kualitas desktop ke arena game seluler. 


Pic: Elvina Yanti / Kualitas Desktop Ada di ROG Phone 3

Dukungan lainnya seperti dukungan kualitas warna  HDR paling tinggi bisa sampe 10bit HDR biar kualitas warna yang ditampilkan kaya.

Tak ketinggalan juga dukungan untuk banyak game pilihan biar bisa jalan mulus di frame rate maksimal sampe 144Hz.

Baca juga: Daftar Game Dengan Frame Rate Tinggi

Ada juga fitur game smooter biar gaming enggak terasa ngelag dan fitur loading gaming jadi lebih cepat serta peningkatan koneksi WiFinya.

Intinya fitur dalam chipset Snapdragon Elite Gaming ini tidak jauh-jauh dari urusan memaksimalkan pengalaman gaming.

Bermain PUBG Mobile sudah bisa aktifin settingan Ultra HD dan Graphic Smooth 90 fps, tak banyak tentunya hape yang bisa di settingan seperti ini.


Pic: Elvina Yanti / Main PUBGM Bisa Mulus di Settingan UltraHD dan Graphic Smooth 90fps

Jelas gaming terasa lebih mulus, ROG Phone 3 berhasil menjaga kepercayaan buat bisa bermain game lancar di settingan apapun.

Layar ROG Phone 3 punya refresh rate spesial sebesar 144Hz. Latensi sentuh juga menjadi yang paling rendah saat ini yaitu 25 ms, warna yang dihasilkan layar AMOLED 6,6 inchi juga sangat kaya sampe 1 milyar warna lebih dan warna lebih akurat dengan skor akurasi warna sebesar Delta-E kurang dari 1 dan dukungan untuk konten HDR10+. 


Pic: Asus / Layar AMOLED 6,6 Inchi ROG Phone 3 Dengan Refresh Rate Spesial Sebesar 144Hz

Masih memakai layar berbezel di ROG Phone bukannya tanpa alasan. Berkat bezelnya, ASUS punya ruang berguna untuk stereo dua speakernya yang ukurannya gede banget, audio yang kuat dan imersif atau nyata dengan sistem audio GameFX terbaru yang dirancang dengan bekerja sama dengan spesialis pengoptimalan audio Dirac.

Semua bagian body dari ROG Phone 3 dapat dimanfaatin dengan baik, dimensinya yang gede digunakan untuk ditempatkan baterainya yang gede juga sebesar 6000mAh.


Pic: Asus.com / Baterai Kapasitas Monster 6000mAh di ROG Phone 3 Dengan Custom Battery Mode & Power Saving Technology

Sistem pengecasan di ROG Phone 3 ini kita bisa aktifin fitur slow charging alias ngecas lebih lambat, yang awalnya tadi ngecas aslinya 30 watt bisa penuh cepat disetting menjadi 10 watt dan penuhnya jadi lambat. Ini berguna banget kalau kita ngecas durasi panjang misalnya pas tidur malam mending kecepatan ngecasnya dilambatin aja biar baterai jadi awet.

Kita juga bisa bikin jadwal kapan ngecasnya jadi cepat dan kapan jadi lambat, dan juga kita bisa setting hape ROG Phone 3 berhenti ngecas kalau baterai sudah terisi di sekian persen.

Di body samping kanan pun enggak cuma ada tombol power dan volume pada umumnya, ada AirTrigger yang jadi input tambahan pas main game.

AirTrigger 3 kali ini punya tambahan gesture baru yang bisa digunakan saat bermain game termasuk swipe dan dual-partition button emulation yang memungkinkan penggunanya memiliki kontrol penuh ke semua game yang dimainkan.

Pada bagian atas ada microphone dan garis antena, di kanan ada SIM Tray yang mendukung dual SIM, Port Type-C ekstra yang bisa dicolokin charger pas main di mode landscape, di bagian bawah juga ada microphone dan Port Type-C lagi.


Pic: Asus / Port Type-C Ekstra Yang Bisa Dicolokin Charger Pas Main di Mode Landscape

ROG Phone 3 menghadirkan fitur Aura RGB Lighting yang bikin logo ROG bersinar di bagian belakang perangkat yang didukung berbagai warna dan skema pencahayaan mudah untuk menyesuaikan suasana hati dan gaya gamer.

Misal pas main di kondisi semangat yang membara kita bisa pakai warna yang mewakili misal merah, atau mungkin pas main keinget mantan juga tinggal cari warna yang bisa mewakili.


Pic: Elvina Yanti / Logo Ikonik ROG Bisa Bersinar di Berbagai Warna & Skema Sesuai Mood Pengguna

Sistem pendingin di ROG Phone 3 juga udah sangat bagus, GameCool3 menggunakan ruang uap 3D yang canggih dan heat sink yang 6x besar ditempatkan untuk menghilangkan hawa panas yang memungkinkan ROG Phone 3 buat pertahanin performa saat bermain game berat.

Dengan kemampuan yang powerful dari Qualcomm Snapdragon 865+ 5G Mobile Platform yang termasuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming, layar kencang dengan refresh rate 144Hz dan response time 1 ms serta banyak fitur lainnya, maka ROG Phone 3 tentunya dapat menampilkan konten secara detail mulai dari warna hingga suara yang akurat dan lebih nyata. 

Buat orang yang mengklaim dirinya gamer hardcore rasanya ROG Phone 3 memang cocok dibeli, karena memang ROG Phone Built for Gamers, didesain dan dibangun sesuai keinginan dan kebutuhan mobile gamer. Tak salah lagi jika ROG Phone 3 menjadi The most immersive gaming experience yang memberikan pengalaman yang sangat nyata saat gaming lewat kecanggihan dan fitur khusus gamingnya bagi pengguna.

Baca juga: Apa Itu Gamer Hardcore?

ROG Phone 3 menghadirkan kinerja keseluruhan yang terbaik dan memberi pengalaman bermain game yang super mulus sesuai ekspektasi mobile gamer yaitu “Bermain Untuk Menang” karena memang ROG Phone 3 punya slogan “The Ultimate Winner”.

Lantas kenapa ROG Phone 3 malah bikin kesel?

ROG Phone 3 emang udah bikin kesel, 

Bikin kesel karena fitur dan kecanggihan ROG Phone 3 udah hapal dan selalu terngiang di pikiran tiap waktu tapi belum punya.

Kayaknya udah dibikin naksir beratlah.

Kebayang kan rasanya naksir tapi belum memiliki itu gimana? Yuhu, kayak ada nyesek-nyeseknya.

Di lain hal, saya rasa tiap orang jadi makin rajin kerja dan nabung nih biar bisa menyentuh dan miliki ROG Phone 3 seutuhnya secara sah.

Aaamiiin.

Dan ini tabel spesifikasi lengkap ROG Phone 3 lengkap dengan harganya.

   
ROG Phone 3   
   
Processor   
   
3.1 GHz Qualcomm®   Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor   
   
GPU   
   
Qualcomm® Adreno™ 650   
   
UI   
   
Android™ 10 with ROG UI   
   
Display   
   
6.59” 19.5:9 2340x1080   (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;
   
270Hz touch sampling   rate, 25ms touch latency;
   
650nits HBM brightness   & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;
   
1.07 billion colors;   1,000,000:1 contrast ratio;
   
Front 2.5D Corning®   Gorilla® 6 Glass;
   
TÜV Low Blue Light   (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;
   
Capacitive touch panel   with 10 points multi-touch (supports Glove touch)   
   
Memory/Storage   
   
LPDDR5/UFS3.1
   
8GB/128GB
   
12GB/256GB   
   
SD storage   
   
no SD-card reader; NTFS   support for external HDD   
   
Sensor   
   
Accelerator, E-Compass,   Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint   sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press   
   
Main Rear Camera   
   
64MP SONY IMX686 sensor,   0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective   pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash   
   
Second Rear Camera   
   
13MP, 125˚ ultra-wide, F2.4, Real-time distortion   correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera   
   
Third Rear Camera   
   
5MP Macro, F2.0   
   
Front Camera   
   
24MP, 0.9µm, Quad Bayer   Technology, F2.0,
   
27mm equivalent focal length   in 35mm film camera   
   
Video Recording   
   
8K (7680 by 4320) @ 30   fps (main rear camera)
   
4K (3840 by 2160) @   30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)
   
1080p @ 30/60 fps; 720p   @ 30 fps
   
3-axis electronic image   stabilization for rear cameras
   
Time Lapse (4K)
   
Slow Motion video (4K @   120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)
   
Take still photo while   recording video   
   
Speaker   
   
Dual front-facing   speakers with GameFX & Dirac HD Sound
   
7-magnet stereo speaker   with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted   sound effect   
   
Audio Output   
   
Hi-Res audio   192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality
   
GameFX audio system for   improved in-game audio experience
   
New AudioWizard with   multiple listening profiles tuned by Dirac   
   
Microphone   
   
Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology   
   
Wireless Technology   
   
WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax   2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6
   
2x2 MIMO, Bluetooth 5.1
   
Wi-Fi Direct support   
   
Navigation   
   
GNSS support GPS(L1/L5),   Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),
   
BeiDou(B1/B2a),   QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)   
   
SIM Cards   
   
Dual SIM dual standby
   
Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano   SIM card
   
Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano   SIM card
   
5G+4G or 4G dual SIM   dual standby support   
   
Data rate
   
   
   
Support EN-DC(6DL+FR1,   4DL+2FR1)
   
FR1: DL up to 4.4Gbps /   UL 542Mbps
   
LTE 6CA DL Cat20 up to   2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps
   
DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL   5.76Mbps
   
4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support   
   
Bands
   
   
   
5G (Bands N1, N2, N3,   N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
   FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29,   30, 32, 66, 71)
   TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
   WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
   EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
   CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
   TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)   
   
Interface   
   
Side-port: 48 pin   Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging   (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge
   
Bottom-port: Type C   connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge   
   
NFC   
   
Support (Card mode   support in power off)   
   
OS   
   
Android™ 10   
   
Battery   
   
6.000mAh   
   
Charger   
   
Output: 10V 3A, supports   up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter   
   
Dimensions   
   
171mm, 78mm, 9.85mm   
   
Weight   
   
240 grams   
   
Price   
   
Rp9.999.000 (8GB RAM   & 128GB Storage)
   
Rp14.999.000 (12Gb RAM   & 256GB Storage)   

Hi... I'm Martius, You can find more about me. Thanks for coming to my blog and hope you enjoy it.

0 komentar

Posting Komentar