Teknik Komunikasi

SHARE THIS

Share to:

Facebook Twitter

Teknik Komunikasi

Teknik Komunikasi - Istilah teknik berasal dari bahsa Yunani "technicos" yang berarti keterampilan. Berdasarkan keterampilan berkomunikasi yang dilakukan komunikator, teknik komunikasi dapat diklasifikasikan menjadi:

a. Komunikasi informatif (informative communication), yaitu komunikasi yang dilakukan dengan cara menginformasikan pesan atau pemberitahuan mengenai informasi tertentu.

b. Komunikasi persuasif (persuasuve communication), yaitu komunikasi yang dilakukan dengan cara membujuk.

c. Komunikasi pervasif (pervasive communication), yaitu komunikasi yang mengandung upaya komunikator untuk menanamkan sesuatu yang dikehendakinya dengan menerobos alam bawah sadar komunikan secara berulang-ulang, sehingga tujuan komunikator itu menjadi kenyataan.

d. Komunikasi koersif (coersive communication), yaitu komunikasi yang dilakukan dengan cara memaksa dan menekan penerima pesan agar pesannya mau diterima, diikuti dan dilaksanakan.

e. Komunikasi instruktif (instructive communication) yaitu komunikasi yang dilakukan dengan cara memberi perintah kepada penerima pesan. Biasanya juga dipakai istilah komunikasi instrusional yang sering digunakan dalam bidang pendidikan, untuk mempengaruhi anak atau peserta didik.

f. Hubungan manusiawi (human relation) yaitu komunikasi yang dilakukan dengan cara pendekatan kemanusiaan, komunikasi yang digunakan adalah dengan metode interaksional.

Sumber:
Yasir, 2009, Pengantar Ilmu Komunikasi, Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau, Pekanbaru. Hal. 39-40.

Hi... I'm Martius, You can find more about me. Thanks for coming to my blog and hope you enjoy it.

1 komentar: