Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

SHARE THIS

Share to:

Facebook Twitter

Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat - Melakukan perjalanan  dengan menggunakan pesawat bagi sebagian orang mungkin dirasa menyenangkan,  terlebih karena bepergian dengan pesawat dirasa dapat menghemat waktu. Namun, ketakutan melakukan perjalanan  menggunakan pesawat tetap saja bisa terjadi siapa pun, bahkan bagi orang-orang yang merupakan frequent traveler. Rasa cemas bepergian menggunakan moda transportasi via udara bisa bermacam-macam dan datang tanpa diduga-duga. 

Pada umumnya memang yang merasakan kecemasan yang berlebih adalah orang yang sangat jarang sekali dan baru pertama kali bepergian dengan menggunakan pesawat. Hal tersebut dirasa wajar, terlebih banyaknya pemberitaan mengenai berbagai peristiwa negatif seputar dunia penerbangan yang turut menyugesti kecemasan kepada setiap orang.

Pada artikel kali ini, saya akan menuliskan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa khawatir dan takut bepergian menggunakan pesawat.
  1. Bawalah buku bacaan dan alat pemutar musik yang dapat membuat kamu sibuk di pesawat. Mengalihkan konsentrasi dan perhatian ke isi buku dan musik akan dapat mengurangi rasa ketidaknyamanan yang mungkin terjadi ketika pesawat mengalami guncangan. Jika kamu bepergian dengan pesawat yang memiliki on board entertaintment, manfaatkanlah fasilitas tersebut seperti mendengarkan musik dan menonton film. On board entertaintment disediakan salah satunya memang untuk mengalihkan rasa kecemasan penumpang pesawat saat dalam perjalanan.
  2. Buatlah diri kamu senyaman mungkin dengan mengenakan pakaian yang nyaman, gunakan bantal penyangga, selimut untuk menghindari dingin saat di kabin. Menjaga suhu badaan dalam suhu yang hangat akan meredakan rasa takut. Sebaliknya jika suhu badan dingin, rasa takut dan khawatir akan semakin mudah menjalar ke seluruh pembuluh darah.
  3. Hindari minuman yang berkafein tinggi sebelum dan selama di dalam pesawat seperti kopi  dan perbanyaklah minum air putih atau jus buah.
  4. Sempatkan diri membaca buku petunjuk keselamatan dan perhatikan peragaan pemakaian life jacket untuk mempersiapkan situasi darurat jika sewaktu-waktu terjadi. Ketahui posisi pintu darurat dan jalur evakuasi menuju pintu exit. Pilihlah posisi bangku di gang atau aisle untuk mengurangi rasa khawatir. Selalu ketahui informasi posisi pesawat saat terbang.
  5. Seringlah tarik napas panjang secara teratur dan penuhi paru-paru dengan oksigen sebisa mungkin sambil berdoa, yakinkan diri sendiri bahwa penerbangan yang sedang dilakukan akan aman-aman saja dan jangan biarkan rasa takut terus meningkat dan menyebar ke seluruh tubuh.
  6. Tidurlah sepanjang perjalanan untuk menghindari  fear of flying. Jika tidak bisa tertidur, bacalah buku doa atau kitab suci serta berbincang-bincang dengan teman seperjalanan.
  7. Jika diperlukan berkonsultasilah dengan dokter atau psikiater tentang obat penenang yang aman dikonsumsi selama penerbangan.
Itulah tadi cara sederhana untuk mengatasi atau setidaknya mengurang rasa takut selama melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Jika masih terdapat cara atau trik lain bisa dituliskan pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih telah berjelajah ke www.sebutsajatius.com, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Hi... I'm Martius, You can find more about me. Thanks for coming to my blog and hope you enjoy it.

1 komentar: