101 Travel Tips

SHARE THIS

Share to:

Facebook Twitter


101 Travel Tips - Pada artikel ini saya juga akan kembali menulis sebuah artikel yang bertemakan traveling, saya akan menuliskan tips-tips singkat traveling namun dengan jumlah segudang. Agar tidak membosankan membaca kalimat pembuka,  langsung saja saya berikan 101 travel tips yang wajib kamu ketahui agar traveling kamu menyenangkan. Cekidot!
  1. Scan paspor dan visa, lalu kirim ke email kamu sendiri. hal ini bertujuan mengantisipasi jika terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan atau kehilangan berkas penting tersebut saat traveling.
  2. Riset sebelum berangkat. baca buku panduan, browse internet atau tanya kepada orang-orang yang pernah mengunjungi tempat yang akan kamu datangi. penting sekali jangan pernah tiba di daerah baru tanpa perencanaan yang yang matang.
  3. Catat nomor telepon dan alamat KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di negara yang akan kamu kunjungi.
  4. Klik imigrasi.go.id untuk syarat lengkap pembuatan paspor, baik elektronik maupun non elektronik.
  5. Sebelum berangkat, cek ulang dan pastikan paspor serta semua dokumen (tiket pesawat, tiket kereta/ bus, bukti penginapan dan lain-lain) ada di tas kamu.
  6. Simpan paspor dan dokumen di satu tempat agar kamu mudah mencarinya jika diminta.
  7. Pack light, jangan bawa semua barang yang ada di kamar (emangnya mau pindahan?).
  8. Ransel atau koper? Tergantung kemampuan dan kebutuhan. untuk perempuan, ukuran ransel sebaiknya tidak lebih dari 40 liter dan koper 25 inci.
  9. Jangan bawa lebih dari dua bawaan, satu taas harian (bisa berupa day pack, sling bag atau tote bag) dan koper (berukuran 20 inci atau 24 inci).
  10. Jika kamu termasuk frequent traveler, tidak ada salahnya berinvestaasi pada koper atau ransel yang sedikit mahal tapi berkualitas bagus.
  11. Khusus untuk penerbangan ke dan dari Amerika Serikat, diperlukan koper dengan kunci khusus yang berlogo TSA (Transportation Security Administration).
  12. Backpackeran 1 minggu? Pilih ransel berukuran 30-40 liter dan isi dengan 5 atasan + 2 bawahan + 1 sepatu (termasuk yang dipakai). 
  13. Backpackeran 1 minggu pada musim dingin? Bawa 1 jaket warna netral (biasanya warna hitam) + 3 syal warna-warni + 2 long john + 2 atasan + 2 bawahan + 1 sepatu bot (termasuk yang dipakai).
  14. Bagi perempuan, bawahan yang paling tepat untuk traveling segala musim adalah legging dikarenakan ringan, tidak banyak makan tempat, tidak mudah kusut dan pastinya keren dan leluasa.
  15. Untuk laki-laki, celana cargo bisa dijadikan pilihan bawahan saat traveling dari pada jeans. lipat dengan rapi atau gulung agar tidak mudah kusut.
  16. Jangan bawa baju yang mudah kusut.
  17. Jika traveling saat musim dingin dan harus bawa jaket, siasati dengan space maker.
  18. Untuk cuaca musim semi atau gugur, lebih baik gunakan dua atau lebih lapis pakaian dari pada satu jaket tebal.
  19. Usuhakan jangan bawa baju dan sepatu baru karena belum sepenuhnya teruji apakah nyaman dipakai berjalan-jalan.
  20. Tidak perlu bawa hair dryer atau catok. Rambut awut-awutan biasanya akan terlihat lebih seksi difoto.
  21. Bawa pelembab bibir dan kulit, terutama saat musim dingin.
  22. Bawa peralatan mandi (sabun cair, shampo, odol dan sebagainya) sesuai periode kamu traveling.
  23. Bawa jaket atau pashmina untuk di pesawat. udara kabin cenderung dingin dan kalau terbang dengan low cost carrier, selimut dikenakan biaya tambahan.
  24. Bawa sarung Bali atau scarf berukuran besar. Selain bisa dijadikan penghalang dingin, bisa juga sebagai alas tidur jika menginap di hostel/ guest house.
  25. Supaya tidak bawa pakaian terlalu banyak, pilih atasan dan bawahan yang warna-warni serta coraknya mudah dipadukan.
  26. Bawa money belt, terutama jika traveling ke Eropa.
  27. Siapkan "comfort food", Bagi orang Indonesia biasanya terdiri dari mie instan, sambal/ kecap sachet, dan berbagai makanan kering seperti abon, teri kacang atau rendang.
  28. Ada tiga obat yang wajib dibawa saat traveling; obat sakit kepala, obat diare dan norit (Baca Juga: Cara Mendapatkan Tubuh Yang Bugar Selama Traveling)
  29. Usahakan selalu minum vitamin dan madu saat traveling agar kondisi badan selalu stabil.
  30. Usahakan tidur cukup selama traveling. Membuat itinerary yang padat boleh-boleh saja tapi jangan sampai begitu selesai perjalanan malah sakit karena kelelahan.
  31. Banyak minum air putih selama perjalanan, terutama di pesawat.
  32. Bawa hand-sanitizer, cairan pembersih dudukan toilet, tisu antiseptik atau apapun yang berguna sebagai pembunuh bakteri.
  33. jika sering mangalami mabuk udara-darat-laut, bawa obat penangkal mabuk dan sering-sering tarik napas panjang selama di perjalanan. Udara segar yang masuk ke paru-paru bisa mengurangi rasa mual dan pusing (Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat)
  34. Cara lain mengatasi mabuk udara-darat-laut adalah dengan menggunakan sumbat telinga atau mendengarkan musik dengan earphone selama perjalanan.
  35. Dalam membuat itinerary, prioritaskan kunjungan ke tempat-tempat yang kamu sukai terlebih dahulu walaupun bukan favorit turis.
  36. Susun itinerary berdasarkan kemampuan, jangan memaksakan diri mencoba sesuatu yang tidak pernah kamu lakukan, misalnya; bungy jumping, skydiving atau trekking.
  37. Jika bepergian dengan keluarga atau teman, diskusikan penyusunan itinerary dengan mereka dengan menghindari kesalahpahaman.
  38. Cek cuaca sebelum berangkat, terutama jika bepergian ke negara empat musim. Informasi suhu dan kondisi cuaca bisa dilihat di accuweather.com atyau di weather.com
  39. Bagi kamu yang muslim dan terbang bukan dengan Garuda Indonesia atau maskapai dari Timur Tengah, jangan lupa pesan "Moslem meal" saat reservasi.
  40. Jika kamu transit di bandara yang berbeda jam dengan tempat tinggal, jangan tunda untuk mengubah jam sesuai waktu setempat. Lupa menyesuaikan waktu bisa mengakibatkan ketinggalan pesawat.
  41. Untuk menghindari bagasi tertukar, pasang luggage tag atau identifikasi lain supaya koper/ ransel kamu lain daripada yang lain. Menggantungkan pita warna-warni sudah biasa karena semua orang melakukannya. Cari penanda yang lebih unik.
  42. Bawa bantal leher untuk perjalanan lebih dari enam jam, baik itu menggunakan pesawat, kereta maupun bus. 
  43. Jangan lupa matikan ponsel atau aktifkan pilihan "airplane mode" sebelum lepas landas.
  44. Klik seatguru.com untuk mengetahui jenis pesawat dan konfigurasi tempat duduk sebelum memutuskan memesan tiket, terutama pada perjalanan jarak jauh.
  45. Pilih kursi di pinggir (aisle) pada perjalanan lebih dari enam jam untuk menghindari penyumbatan pembuluh darah atau DVT (Deep Vein Thrombosis) agar memudahkan akses ke toilet.
  46. Sebelum meninggalkan pesawat, periksa ulang kantong tempat duduk dan kabin di atas tempat duduk untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.
  47. Kalau tidak memesan bagasi pada saat penerbangan budget rute internasional, perhatikan ketentuan maksimal 100ml untuk LAG (Liquid, Gel dan Aerosol) untuk bawaan di kabin. Masukkan kemasan atau botol LAG ke kantong transparan berperekat supaya petugas mudah memeriksa.
  48. Beberapa alternatif website yang bisa digunakan untuk memesan hostel/ guest house; hostelworld.com dan hostelbookers.com.
  49. Alternatif website yang juga bisa digunakan untuk memesan hotel; agoda.com, hotels.com dan booking.com.
  50. Website yang bisa digunakan untuk menyewa apartemen atau rumah di seluruh dunia; airbnb.com.
  51. Jalangan lupa baca ulasan tamu sebelum memutuskan untuk memesan kamar di salah satu hotel atau hostel. Ulasan bisa didapat di hotel booking engine atau di tripadvisor.com.
  52. Jika reservasi booking hotel secara online, selalu pilih opsi "free cancellation"  (Baca Juga: Tips Aman Booking Hotel Secara Online).
  53. Tak ada salahnya mengirim email konfirmasi kepada hotel untuk memastikan nama kamu ada di daftar buku tamu.
  54. Jangan lupa kunci koper atau ransel di perjalanan dan penginapan serta bawa gembok tambahan.
  55. Jangan lupa kunci kamar hotel pada malam hari, Jika pintu dilengkapi kunci rantai, jangan lupa dipasang.
  56. Jika tidak memesan layanan kamar, jangan buka pintu kamar sembarangan apalagi jika kamu perempuan yang sedang traveling sendirian.
  57. Hostel dan bugdet hotel biasanya menyediakan wifi gratis, sedangkan kebanyakan hotel berbintang tidak.
  58. Sebelum check out dari hotel/ hostel, periksa ulang loker/ lemari safety box, laci dan bawah tempat tidur.
  59. Simpan nomor darurat (misalnya orang tua, pasangan, rekan kantor, sahabat, dokter keluarga dan pengacara pribadi) di ponsel.
  60. Saat mengaktifkan layanan international roaming (untuk komunikasi layanan data/ Blackberry di luar negeri), jangan lupa tanya provider mengenai biayanya.
  61. Selalu set ponsel dalam "manual network and data roaming off" untuk menghindari biaya layanan data/ Blackberry yang membengkak selama di luar negeri.
  62. Kalau bawa laptop selagi traveling ke luar negeri, pastikan tidak ada software bajakan dalam kondisi terinstal di laptop.
  63. Beli smartphone dengan kamera yang berkualitas  bagus untuk upload foto di media sosial yang dipakai.
  64. Selain Google Map, aplikasi Waze (tersedia untuk Andriod dan iPhone) juga bagus sebagai penunjuk arah.
  65. Jangan lupa bawa charger dan converter adaptor jika staker tidak sama dengan yang di Indonesia (Baca Juga: Adaptor dan Stop Kontak Saat Traveling).
  66. Klik link ini untuk mengetahui electricity plug di seluruh dunia; electricaoutlet.org atau countryplug.com.
  67. Ikuti semua peraturan yang ada di suatu negara, hormati budaya dan tradisi setempat. Jangan menerapkan kebiasaan di rumah ke tempat yang asing.
  68. Perhatikan ketentuan pengambilan foto dan video saat upacara adat atau di rumah ibadah, museum, dan tempat penting lainnya. Jika tidak yakin minta izin kepada petugas.
  69. Kepantasan berpakaian memegang peranan penting di beberpa negara. Cari info mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dipakai di tempat yang akan kamu kunjungi.
  70. Saat traveling, jangan buang sampah sembarangan di negara asing sekalipun.
  71. Saat traveling ke India, Kamboja atau Nepal bawa coklat atau permen dari Indonesia untuk pengemis anak-anak. Jangan membiasakan memberikan uang.
  72. Siapkan unag kecil (dalam matau uang lokal atau USD1) untuk tip (Baca Juga: 8 Tips Pintar Traveling Hemat Budget).
  73. Di beberapa bandara, salah satunya di Changi Airport, ada kotak donasi untuk koin yang tidak kamu belanjakan. Masukkan koin yang tidak kamu tukar di money changer untuk mereka yang membutuhkan.
  74. Beberapa negara memberikan VAT/ GST Refund (pengembalian pajak) bagi turis. Besar persentase jumlah yang dikembalikan bervariaasi setiap negara.
  75. Jika sering kelebihan bagasi karena belanja yang tak terkontrol, sebelum traveling beli timbangan portabel dan timbang koper kamu setiap hari selama perjalanan.
  76. Setiap negara punya batas untuk barang-barang bebas bea. Jika beberencana berbelanja banyak, cek berapa yang boleh kamu ke Indonesia di beacukai.go.id.
  77. Jika kamu perokok, pastikan negara yang kamu datangi memperbolehkan membawa rokok.
  78. Kapan saat yang tepat untuk jalan-jalan ke luar negeri? Setelah mengunjungi minimal sepuluh kota di Indonesia. Jangan sampai belum pernah ke Bali tapi sudah sering ke Singapura.
  79. Thailand dan Singapura adalah dua negara yang cocok untuk traveler Indonesia yang ingin backpacking ke luar negeri untuk pertama kali.
  80. Negara apa saja yang bebas visa untuk WNI? Cari tau infonya di Wikipedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Visa_requirements_for_Indonesian_citizens.
  81. Kapan saat yang tepat untuk traveling ke negara-negara bervisa? Setelah memiliki paspor minimal satu tahun atau memiliki cap imigrasi negara-negara nonvisa minimal tiga.
  82. Apa saja syarat pembuatan visa? Isi formulir secara jelas, tidak mengada-ada, sertakan foto sesuai ketentuan dan lengkapi dokumen (surat keterangan serta bukti tabungan).
  83. Apa perbedan Visa dan VOA (Visa on Arrival)? Visa adalah izin masuk ke sebuah negara. Untuk mendapatkan visa, turis harus mendaftar ke kedutaan yang bersangkutan. Jika suatu negara memberlakukan VOA, kamu tidak perlu mendaftar visa sebelum berangkat karena visa bisa didapatkan saat tiba di negara tujuan.
  84. Apakah VOA adalah jaminan masuk ke suatu negara? Sejauh ini belum ada VOA yang ditolak, tapi bukan tidak mungkin jika bermasalah, kamu akan dikembalikan ke Indonesia. Agar aman, siapkan dokumen pendukung seperti tiket dan tanda booking penginapan, atau jika ditanya, tunjukkan berapa uang yang kamu bawa.
  85. Jika bepergian pada peak season (hari raya atau tahun baru) datang lebih awal ke bandara dan jangan lupa online check in/ city check in sebelum berangkat.
  86. Klik islamicfinder.org untuk mengetahui lokasi masjid dan jadwal sholat di seluruh dunia.
  87. Klik zabihah.com untuk mengetahui lokasi restoran dan tempat makan halal di seluruh dunia.
  88. Klik masstimes.org atau catholicdirectory.com untuk mengetahui lokasi gereja khatolik dan jadwal misa di seluruh dunia.
  89. Usahakan beli travel insurance ketika bepergian ke luar negeri.
  90. Pelajari setidaknya tiga kata-kata ini dalam bahasa lokal; "selamat pagi", "terima kasih", dan "maaf".
  91. Jika traveling ke kota-kota yang mungkin tidak terlalu aman, minta saran kepada petugas hotel mengenai tempat atau jalan yang harus dihindari.
  92. Jika traveling ke Eropa, Amerika dan beberapa negara Asia yang keamanannya diragukan, jangan bersikap terlalu mencolok sebagai turis, jangan kalungkan kamera di leher dan hindari membuka peta di keramaian.
  93. Ketahui "tourist scams" di setiap negara dengan mencari info di internet sebelum berangkat.
  94. Traveling sendirian bisa membosankan tapi bisa juga menyenangkan. jika belum pernah atau mencoba solo traveling, kunjungi destinasi yang terdekat dahulu.
  95. Jika traveling sendirian dan bingung mengatur jadwal perjalanan, ikutlah program city tour yang diadakan oleh biro perjalanan setempat.
  96. Traveling cures a broken heart. Jika kamu traveling saat sedang galau, usahakan pikiran tidak kosong dan bengong karena bisa jadi incaran kejahatan.
  97. Klik journeywoman.com untuk informasi lengkap bagi traveler perempuan.
  98. Jangan memakai perhiasan berlebihan ketika traveling. Ganti kalung, cincin dan gelang emas atau berlian dengan aksesoris etnik yang unik.
  99. Jangan terima makanan atau minuman dari orang asing, termasuk sesama traveler di hostel.
  100. Follow your heart. Jika ragu atau tidak sreg, tidak perlu memaksa melanjutkan perjalanan.
  101. Tidak ada satu tempat pun di dunia ini yang aman 100%. Tapi jika terus-terusan ketakutan bisa-bisa kamu nggak kemana-kemana. Berdoalah setiap saat. Happy Traveling!
Baca Juga: Jalan-Jalan ke Pelalawan

Itulah segudang travel tips yang semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke dalam atau luar negeri. Tips traveling ini bersumber dari sebuah buku dan mengalami beberapa pengeditan, namun sayangnya saya lupa dengan judul buku tersebut. Jika diantara kamu ada yang tahu buku tersebut bisa meninggalkan jejak berupa komentar pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Hi... I'm Martius, You can find more about me. Thanks for coming to my blog and hope you enjoy it.

1 komentar: